Translate

Thursday, November 22, 2012

APA SIH MENGAJAR EFEKTIF ITU???



Untuk bisa mengajar secara efektif, kita perlu tau dong apa sih mengajar efektif itu? Apa selama ini kita sudah berada tahap tersebut? Tulisan ini akan mengupas mengenai apa dan bagaimana mengajar secara efektif . Semoga menjadi pencerahan bagi kita agar senantiasa mampu dan mau meningkatkan kualitas diri agar  menjadi guru yang efektif dalam mengajar. Amin... :)

Mengajar dapat didefinisikan sebagai interaksi antara guru dan siswa yang membuat pembelajaran menjadi lebih sukses. Meskipun pembelajaran dimungkinkan terjadi tanpa keterlibatan guru, secara umum disepakati bahwa guru memfasilitasi penerimaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. 

Guru yang efektif adalah guru yang menggunakan berbagai keterampilan pedagogis dan strategi untuk memastikan bahwa siswanya terlibat secara benar dalam aktivitas pembelajaran dengan persentase waktu keterlibatan yang tinggi, memiliki ekspektasi yang tinggi untuk muridnya, dan membentuk serta memelihara iklim kelas yang hangat. 

Perilaku guru yang menonjol dapat dibagi menjadi beberapa area: organisasi, komunikasi, pengajaran, motivasi, dan hubungan manusia. Karakteristik-karakteristik tersebut muncul pada guru-guru efektif, tanpa memperhatikan keterampilan yang harus dipelajari, usia siswa, atau setting di mana pembelajaran terjadi.

Pertama, keterampilan organisasi sangat penting dalam membangun lingkungan belajar dan memfasilitasi keterlibatan siswa dalam kegiatan. Cara guru dalam menyusun pembelajaran adalah faktor utama. Untuk menjadi guru yang efektif, guru harus memastikan bahwa pelajaran yang disampaikan berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran, memenuhi kebutuhan siswa, dan disampaikan secara logis dan sistematis. Melalui perencanaan yang efektif dan mendalam, guru yang efektif akan meminimalisir waktu transisi, yaitu waktu pindah siswa dari satu kegiatan ke kegiatan yang lain, dan juga melakukan manajemen waktu yaitu waktu yang digunakan siswa untuk melakukan tugas seperti ambil giliran dalam melakukan tugas. Pembelajaran direncanakan untuk memastikan bahwa siswa mendapat kesempatan maksimal untuk melakukan latihan keterampilan terkait dan merasakan keberhasilan. Secara aktif melakukan supervisi dan memonitor penampilan/kinerja siswa dan memberi siswa umpan balik yang sesuai adalah karakteristik dari guru yang sukses. Guru yang ahli akan mengakhiri pelajaran dengan menyimpulkan apa yang telah dicapai dan dengan memberi siswa assessment atas kemajuan dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Kedua, keterampilan komunikasi dibutuhkan oleh guru termasuk keterampilan verbal dan keterampilan ekspresi nonverbal, kompetensi tertulis, dan kemampuan menggunakan berbagai media. 
a. Keterampilan Komunikasi Verbal dan Nonverbal 
          Keterampilan komunikasi verbal yang efektif penting dalam proses mengajar. Kemampuan untuk  berbicara secara jelas dengan cara menyenangkan adalah hal yang esensial. Ciri- ciri lain dari guru yang sukses adalah kemampuan untuk memberikan petunjuk dan penjelasan secara jelas dan rinci, serta menggunakan terminologi dan perbendaharaan kata yang sesuai dengan aktivitas dan sesuai dengan level siswa. Kemampuan guru untuk menggunakan pertanyaan untuk menggali input siswa, untuk mendorong keterlibatan siswa, dan untuk memperjelas pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan akan meningkatkan keefektifan proses pembelajaran. Guru yang efektif juga sadar akan pengaruh perilaku nonverbalnya pada murid dan proses pembelajaran. Menggunakan kontak mata, senyuman, dan tepukan bahu adalah beberapa cara dalam berkomunikasi dengan siswa secara nonverbal. Melalui komunikasi verbal dan nonverbal, guru efektif mencontohkan jenis-jenis perilaku yang diinginkannya untuk muncul pada muridnya, seperti ketertarikan dan rasa senang terhadap aktivitas pembelajaran dan rasa respek terhadap pendapat dan kebutuhan orang lain. Guru efektif mengkomunikasikan antusias melalui perilaku verbal dan nonverbalnya. 
b. Keterampilan Komunikasi Tertulis
         Keterampilan komunikasi tertulis adalah hal yang penting, khususnya pada fase perencanaan dan evaluasi pembelajaran. Guru yang memiliki keterampilan komunikasi tertulis mampu mengungkapkan idenya secara jelas. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan supervisor, peserta didik, dan pihak-pihak lain yang terkait akan membantu dalam membentuk program yang lebih sukses. 
c. Kemampuan Menggunakan Berbagai Media
          Keahlian dalam menggunakan berbagai teknik media pembelajaran adalah kualitas dari guru efektif. Menggunakan tranparansi, slides, proyektor film, dan peralatan videotape adalah keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai sejak awal dalam karir individu. Penggunaan media yang sesuai dapat meningkatkan dan mempercepat siswa dalam belajar. 

Ketiga, kompetensi dalam berbagai keterampilan pembelajaran adalah hal yang penting bagi guru efektif. Ketika merencanakan pengalaman belajar untuk siswa, guru yang efektif menggunakan pengetahuannya mengenai isi dari apa yang diajarkan, dalam hubungannya dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa, untuk menyediakan pengalaman belajar yang sesuai yang membawa pada pencapaian tujuan pembelajaran. Guru efektif memerlukan kemampuan untuk mengurutkan tugas gerak secara bertahap dalam hal kesulitan dan komplektisitasnya sesuai kemajuan siswa, dan dengan menyediakan kesempatan bagi murid untuk tidak hanya mengembangkan keterampilan tetapi juga mengaplikasikannya. Guru yang baik tidak hanya mampu mengimplementasikan rencana pembelajaran secara efektif tetapi juga harus fleksibel sehingga guru dapat memodifikasi rencana pembelajaran agar cocok dengsn kebutuhan siswa dan situasi yang muncul dalam lingkungan belajar. 

to be continued yaaa.... :)

Referensi:
Wuest, Deborah A. & Bucher Charles A. 1995. Foundation of Physical Education and Sport Twelfth Edition. St Louis: Mosby-Year Book, Inc.

No comments:

Post a Comment